Breaking News
Loading...
Kamis, 20 Februari 2014

Wacana Eksposisi

"Wacana Eksposisi"-Assalamu alaikum Wr.Wb.

        Wacana eksposisi disebut juga wacana bahasan. Wacana jenis ini menyajikan sesuatu peristiwa atau objek dengan cara menjelaskan, menerangkan, memberitahukan agar orang lain mengetahuinya. Jenis wacana ini menggunakan bahasan untuk menjawab askadimba (apa, siapa, kapan, di mana, bagaimana) sesuatu itu. Pada jenis wacana ini disajikan fakta-fakta sebagai informasi yang harus diketahui oleh pembaca.
London Menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2012
         London akhirnya terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade 2012. Dalam pemungutan suara di raffles City Convention Centre, Singapura pada 6 juni 2005, London unggul empat suara atas rival beratnya, Paris, dengan perbandingan suara 54 dan 50. Perdana Menteri Tony Blair menanggapi hal ini sebagai suatu momen bersejarah. Pencalonan kota London ini mendapat dukungan dari pemerintah kota dan seluruh warga London. Dia menyambut pengumuman kemenangan itu di lapangan golf yang berada di Scotlandia, dekat tempat penyelenggaraan pertemuan tingkat tinggi negara maju atau G-8.
          Kemenangan ini agak mengejutkan karena sebelumnya Paris lebih difavoritkan untuk menang. Peluang London untuk menang diperkirakan kecil, karena pemimpin bidding Barbara Casani dari Amerika Serikat mengundurkan diri tahun lalu. Namun, karena perjuangan Sebastian Coe, sebagai peraih medali emas di Olimpiade Moskow 1980 dan Olimpiade Los Anggeles 1984 dan seorang pengusaha, Keith Mills dalam membaikkan keadaan.
          Seminggu sebelum pemilihan, Coe tiba di Singapura untuk mencari dukungan. Di Singapura diperoleh dukungan dari para petinggi negara dan tokoh olahraga. Untuk mendukung upaya ini, Perdana Menteri Tony Blair dan istrinya datang ke Singapura untuk berbicara empat mata dengan anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) sebagai anggota penentu dalam pemilihan tempat kegiatan olimpiade. (Sumber: Kompas, 7 Juli 2005)
           Dari wacana eksposis di atas, terdapat informasi yang disajikan dalam tulisan dengan menjelaskan pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana dan bagaimana. Wacana di atas menjelaskan apa yang diberitakan, yaitu London terpilih menjadi tempat Olimpiade 2010. Untuk menjawab "kapan" diungkapkan bahwa hal itu diputuskan di Raffles City Convention Centre, Singapura pada 6 Juni 2005. Dari wacana di atas, terdapat nama-nama yang diungkapkan dalam menjawab pertanyaan "siapa", yaitu Perdana Menteri Tony Blair, warga London, Barbara Casani, Sebastian Coe, Keith Mills, petinggi negara, tokoh olahraga, dan angoota Komite Olimpiade Internasional. Demikian pula dengan pertanyaan lain dari inforasi tersebut. Dari contoh di atas, semakin jelas bagi kita bahwa eksposisi disajikan dengan tujuan menjelaskan, menerangkan, memberitahukan sesuatu atau peristiwa agar orang lain mengetahuinya.


Terima kasih telah berkunjung ke tulisan saya yang berjudul "Wacana Eksposisi"
Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer